Thursday, 17 September 2020

Sebab-Sebab Terjadinya Problematika Ummat Islam



1.      Sebab Internal
Sebab Internal adalah sebab yang berasal dari dalam tubuh kita sendiri artinya yakni kelemahan ummat islam. Tidak komitmen dalam agama saat ini komitmen ummat islam untuk menjalankan agamanya sangat lemah bahkan tidak ada, bisa kita lihat pada fenomena berikut.
·        Lemahnya aqidah dan iman
contoh seorang mantan calon bupati dan mantan anggota DPRD dua-duanya mencoba melakukan bunuh diri, mantan calon bupati gagal naik menjadi buati dan dia berutang sebesar 3 miliyar untuk pembuatan baliho apa yang terjadi dia cerai dengan istrinya kemudian ia stress sampai gila kemudian dia bunuh diri dengan merendam dirinya disungai dalam keadaan tidak berpakaian dan hanya menggunakan celana dalam, anggota dewan yang dipecat ia naik ke tower listrik untuk membunuh dirinya tapi ternyata masih takut karena ada yang berhasil menakut-nakuti ketika ia turun sampai menutup wajahnya, ini adalah fenomena kelemahan aqidah karena tidak kuat aqidahnya dalam menghadapi akan masalah-masalah kehidupan, sedikit saja gangguan dengan istri dan anak kita maka aqidah kita akan goyah padahal ketika aqidah goyah, sangat mudah tawaran-tawaran kemungkaran diterima, ketika aqidah kita tidak normal tapi tetap berhubungan atau bermulazamah dengan akhwat mungkin masih ada harapan tapi ketika aqidah kita goyah dan kita bergaul dengan komunitas yang tidak lagi mendukung berbagai tawaran-tawaran bisa diterima diantaranya narkoba satu tawaran yang tatkala ia diterima satu kali maka tidak akan ditolak selamanya. Fenomena kelemahan aqidah dan ibadah ini lebih rinci lagi dalam masalah :a. Al wahn cinta dunia dan takut mati, dua sifat ini menyebabkan ummat islam berada dalam kondisi dominansi (penguasaan musuh-musuh islam), b. Meninggalkan jihad fisabilillah, tidak ada cita-cita tidak ada semangat untuk berjihad dalam arti khusus untuk rela berkorban apa saja untuk islam termasuk jiwa. Makanya Nabi mengancam orang-orang yang tidak mempunyai niat dan tidak pernah berazam untuk berjihad maka dia dianggap munafik dan jika dai mati maka dia mati dalam keadaan munafik.
·        Kelemahan ukhuwah
Tingkatan ukuhuwah ada 3
1. Mendahulukan saudara daripada diri sendiri
2. Mencintai saudara sama dengan mencintai diri sendiri
3. Hilangnya sifat-sifat dengki atau iri kepada saudara,
Ini menjadi barometer bagaimana ukhuwah kita dan untuk melihat krisis ukhuwah saat ini, jangankan untuk mendahulukan saudara sifat iri dengki terhadap saudara sering ada, iri dan dengki ini bukan hanya dalam nikmat duniawi tapi sampai pada nikmat ukhrawi.
·        Tidak adanya pemimpin ummat
Pemimpin yang ada hanya pemimpin organisasi atau pemimpin lembaga, belum ada kesatuan komando, sekiranya ada pemimpin ummat maka lebaran diseluruh dunia bisa disamakan dan tidak ada masalah bukti ketiadaan pemimpin ummat ini bisa kita liat dari fenomena lebaran yang tidak bersamaan.
·        Fenomena kebodohan terhadap din
Salah satu tolak ukur dari kebodohan ini karena tidak adanya semangat dan kesadaran untuk belajar ilmu agama, kalau mau mengikuti ta’lim atau tarbiyah-tarbiyah tidak ada waktunya.

2.      Sebab-sebab Ekstern
Dalam hal ini adalah konspirasi musuh dan ini adalah sesuatu yang sunnatullah semua musuh-mush islam sasarannya hanya satu yakni mengahncurkan islam, jelas sekali dalam Q.S 2:120
120.  Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: "Sesungguhnya petunjuk Allah Itulah petunjuk (yang benar)". dan Sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, Maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.

Ayat ini tidak salah dan tidak akan berubah karena itu jangan terkecoh dengan hal-hal lahiriyah yang ditampil oleh mereka. Sebab dalam hati mereka terdapat kebencian yang lebih besar. Kalau tidak demikian maka ayat ini salah padahal tidak mungkin Allah salah dan tidak mungkin Rasul salah. Ini yang perlu diwaspadai. Wujud daripada konspirasi mereka yakni:
·        Peperangan militer
Yakni memerangi ummat islam namun karena sekarang ini peperangan militer dianalisis tidak efektif banyak mengeluarkan dana, mengorbankan personil dan malah banyak tentara amerika yang mati sia-sia di r’an dan Afganistan di Irak dan dibeberapa bumi islam yang lain. Berapa banyak dana yang dikeluarkan untuk membeli persenjataan canggih tapi ternyata muamarah ini tidak berhasil malah semakin memunculkan syabab atau pemuda-pemuda yang militan maka sekarang ini mereka mengalihkan strategi mu’amarahnya pada alghowzul al fikr.
·        Perang pemikiran
Yakni merusak pola pikir ummat islam ini adalahsatu pola peperangan yang halus tidak kelihatan tetapi sesungguhnya ini yang paling berbahaya, salah satu media yang paling efektif untuk menjalankan al qhowzul al fikr media audio visual, jika dikaji diantara sebab-sebab ini maka kita akan menemukan.

Share:

0 komentar:

Post a comment