Klik disini

Tuesday, 1 August 2017

Morfologi Ikan Mas




Dari hasil praktikum yang pertama tentang zoology vertebrata dengan kelas pisces, dapat  dijelaskan dari hasil pengamatan yang telah  dilakukan dengan spesies ikan mas ( Cyprinus carpio ). Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin) yang hidup di air dan bernapas dengan insang.
Yang pertama mengamati Ikan mas ( Cyprinus carpio )  merupakan jenis ikan konsumsi air tawar, berbadan memanjang pipih kesamping dan lunak. Tubuhnya terbungkus oleh kulit yang bersisik, berenang dengan menggunakan sirip dan bernafas dengan menggunakan insang. Ikan Mas mempunyai ciri-ciri badan memanjang, agak pipih, lipatan mulut dengan bibir yang halus, Ikan Mas termasuk kedalam hewan pemakan segala (omnivora) yang antaralain memakan serangga kecil, siput cacing, sampah dapur, potongan ikan, dan lain-lain. Dan tipe ekor homocerk ( bentuknya teratur).
Mulut kecil, membelah bagian depan kepala. Sepasang mata bisa dibilang cukup besar terletak di bagian tengah kepala di kiri, dan kanan denagan diameter sekitar 5 mm. Sepasang lubang hidung terletak di bagian kepala. Sepasang tutup insang terletak di bagian belakang kepala. Didalam moncong atau mulut ikan mas terdapat operculum.
Ikan mas memiliki lima buah sirip, yaitu sirip punggung ( pinna dorsalis), sirip dada (pinna pectoralis), sirip perut (pinna ventralis), sirip dubur ( pinna analis ), dan sirip ekor (pinna caudaisl).
Sirip punggung panjang terletak di bagian punggung. Sirip dada sepasang terletak di belakang tutup insang, dengan satu jari-jari keras, dan yang lainnya berjari-jari lemah. Sirip perut hanya satu terletak pada perut. Sirip dubur hanya terletak di belakang dubur. Sirip ekor juga hanya satu, terletak di belakang
Dan hampir seluruh tubuh ikan mas ditutupi sisik dan hanya sebagian kecil saja yang tubuhnya tidak ditutupi sisik. Sisik ikan mas berukuran relatif besar dan digolongkan dalam tipe sisik sikloid karena berbentuk melingkar dan beruas – ruas, ada berwarna putih,, merah, kuning keemasan atau kombinasi dari warna-warna tersebut sesuai dengan rasnya. Dengan tipe ekor homocerk karena bentuknya teratur
Sirip punggung                     sirip ekor
DI.17                                    CIX
Sirip dubur                            sirip dada
AI.6                                      - 1PV.7   -2PV.7

Sirip perut
1V VII.11
2V.VII.11

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive