Klik disini

Tuesday, 1 August 2017

Anatomi Ikan Mas





Pada pengamatan antomi ikan mas, hamper tidak ada perbedaan-perbedaan yang mendasar dengan ikan bandeng, seperti misalnya pada jumlah siripnya meskipun ukuran dan warnanya yang berbeda hanya saja yang membedakan adalah ukuran dan bentuk tubuhnya yang berbeda. Pada ikan mas bentuk tubuhnya aga lebih pendek dan kecil, bagian perut yang membuncit serta warna dan sirip-siripnya yang agak lebih lebar.
1.1.Kerongkongan (esofagus)
Pada pengamatan yang dilakukan, ami menemukan kerongkongan yang menyambungkan antara rongga mulut dan lambung, panjangnya sekitar 5 mm.
Kerongkongan atau esofagus Merupakan bagian saluran pencernaan yang berhubungan langsung dengan faring dan dibagian posterioe dengan lambung. Ikan mempunyai esofagus yang pendek, batas antara esofagus dengan faring dan lambung tidak jelas (Tim Penyususn, 2012).
1.2.Lambung
Lambung pada ikan mas yang kami amati berada berdekatan dengan hati, berwarna cokelat muda (hampir putih). Lambung inimerupakan ttempat persinggahan sementara makanan yang berasal dari kerongkongan sebelum akhirnya menuju ke usus untuk di-absorpsi.
Lambung Merupakan kelanjutan  dari esofagus yang agak melebar. Bentuknya seperti tabung yang memanjang tanpa perlekukan cardia di bagian depan dan dibagian belakang (Tim Penyusun, 2012).
1.3.Usus
Usus ikanmas yang diamati merupakan again yang panjang yang berasal dari lambung dan bermuara pada anus dengan panjang lebih kurang 4 cm. dibagian inilah sari-sari makanan akan di serap keseluruh tubuh
1.4.Anus
Bagian akhir dari system percernaan pada ikan mas yang kami amati adalah anus yang merupakan muara tempat pembuangan sisa-sisa makanan yang tidak di butuhkan lagi bagi tubuh ikan dan sekaligus merupakan muara dari alat kelamin pada ikan
1.5.Hati (hepar)
Hati pada ikan mas yang kami amati berwarna merah kecoklatan dengan bentuk yang tidak beraturan.
Hati mengsekresikan cairan empedu  (bilus) yang mengalir kedalam kantung empedu (vesica vellea). Kantung empedu berbentuk bulat, berwarna biru kehijauan. Letaknya diantara lobus hati di daerah antero-ventral rongga abdominal. Saluran yang keluar dari vesica vellea disebut ductus cysticus yang bermuara pada ventriculus atau lammbung
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive