Monday, 31 July 2017

Morfologi Kelinci




Dari hasil praktikum yang kelima tentang zoology vertebrata dengan kelas Mamalia. Yang pertama kami mengamati morfologi Kelinci (Lepus nigricollis) dapat diamati dimulai dari Telinga luar (pina auricularia) yang lebar sedangkan membrane tympani(selaput gendang pendengaran) yang terletak pada romgga telinga tengah tidak terlihat. Mata besar berdiameter 1,3 cm dengan membran niktitans, dibatasi palbebra superior dan palbebra superior.
Disekitar moncong (rima oris) ada rambut-rambut panjang (vibrisae) berfungsi sebagai pendeteksi makanan dibatasi oleh labium inferior dan labium superior yang bercelah sehingga tampak incisive atau gigi seri, lubang hidung atau Neres externa letaknya dorsal dari rima oris. Ekor  pendek. Letak anus terdapat dibawah ekor. Dan lubang urogenital disebelah anterior anus. Selanjutnya kami mengamati thorax terdapat sepasang extrimitas anterior yang berjari 4 dibangun dari proximah kedistal oleh brachiu, antebrachium dan carpus.
Abdomen dimana terdapat sepasang kaki belakang atau extrimiras posterior yang berdiri atas 5 jari pada kaki depan dan 4 jai pada kaki belakang dibangun dari proximal kedistal oleh femur, crus, dan pes di daerah inguinal terdapat sepasang papilla mammae selanjutnya kearah posterior kami melihat adanya penis yang mempunyai glamns penis yang diselubungi oleh kulit lepas, fungsinya untuk mengeluarkan urine dan spermatozoa, lubang ini disebut officium urethtra.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive