Monday, 31 July 2017

Fisiologi Kelinci




 Pada pengamatan fisiologi, telah ditemukan berbagai system yang mendukung berbagai fungsi tubuh.
1.1.Sistem Respirasi Kelinci (Lepus nigricollis)
Pada pengamatan system pernafasan pada kelinci terdapat satu pasang hidung, lubang hidung, parink, larink, kemudian paru-paru yang berwarna merahkekuning-kuningan yang terletak dekat dengan tulang rangka. udara masuk melalui cavum oris (lubang hidung) kemudian masuk ke pharynxmelalui rima glottides masuk ke larynx, kemudian masuk menuju epiglottis danaparatus vocalis yang terdiri dari ligamentum vocale ynag berada di larynx danmenuju ke trakea yang bercabang dua menjadi bronkhi dan bercabang lagi didalam pulmonum yang di dalamnya terdapat gelembung- gelembung alveoli yang berhubungan dengan bronchioli. Gelembung alveoli ini diliputi oleh kapiler darahdan dari sinilah terjadi pertukaran O2 dan CO2.
1.2.Sistem Pencernaan Kelinci (Lepus nigricollis)
Pada pengamatan yang telah dilakukan pada kelinci terdapat mulut, gigi, pharynx, oesophagus, ventriculus, intestinum yang berkelok-kelok yang berwarna biru tua kaena pada pengamatan yang telah dilakukan pada intestinum tersebutmasih terdapat makanan-makanan dan sekaligus feses, dan anus.

baca juga : Aatomi Kelinci
                   Morfologi Kelinci 
 
Sistem pencernaan pada kelinci (Lepus nigricollis)terdiri dari saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Saluran pencernaan terdiri dari: cavum oris, pharynx, oesophagus, ventriculus, intestinum, dan anus. Sedangkan kelenjar  pencernaannya antara lain yaitu: glandulae salivarae (kelenjar ludah), glandulaemucosae, hepar (hati), dan pancreas. hewan ini mempunyai sistem pencernaan makanananeh yang membantunya menahan makanan bergizi. Mereka mengeluarkanmakanan yang sudah setengah dicerna bersama kotorannya, kemudian dimakankembali, dicerna untuk kedua kalinya dan vitamin- vitaminnya yang penting akan diserap.
1.3.Sistem Sirkulasi Kelinci(Lepus nigricollis)
Pengamatan yang telah dilakukan sistem sirkulasi pada kelinci (Lepusnigricollis) adalah tertutup. Jantung relatif kecil terletak dalam cavum thoraxica(rongga dada) yang terbungkus kantong pericardium yang berlapis dua peredarandari jantung (Cor) yang berfungsi sebagai alat pemompa darah dilanjutkan ke pulmo melalui archus sinistrum, kemudian menuju ke cauda melalui archusmelalui archus aortichus yaitu sebagai arteri caudalis. Pada sistem sirkulasi kelinci (Lepus nigricollis) mempunyai karakteristik yang paling menonjol adalah percabangan lengkung aorta menjadi arteri innominator dan arteri subklavia kiri.Arteri innominator itu juga bercabang menjadi 3, yaitu: arteri subklavia kanan,arteri karotis kanan, dan arteri karotis kiri terdapat 2 buah vena cava anterior (kiridan kanan). Ini berbeda pada manusia, pada manusia hanya ada satu terletak disebelah kiri.
1.4.Sistem Syaraf Kelinci (Lepus nigricollis)
Pada praktikum yang telah dilakukan praktikan tidak membuka kepalakelinci sehingga tidak mengamati bagian otak dari kelinci. Sistem syaraf pada kelinci (Lepus nigricollis) terdiri atas 2 bagian yaitu:sistem saraf pusat dan saraf periferi. Sistem saraf pusat terdiri dari otak danmedula spinalis (sum- sum tulang belakang) yang terdapat pada di dalam canalisvertebralis dan berhubungan dengan otak melalui foramen magnu.
Pada bagian otak terdiri dari cerebrum (otak besar) dan cerebellum (otak kecil). Cerebellum mempunyai permukaan yang berlekuk yang berfungsi sebagaikoordinasi aktifitasnya. Sedangkan sistem saraf perifer (sistem saraf tepi) berfungsi untuk mengumpulkan informasi yang dalam bentuk rangsang listrik (implus) dari berbagai organ dalam dan luar untuk disampaikan pada saraf pusat.Dan juga membawa implus dari pusat saraf menuju pusat motorik tubuh.
1.5. Sistem Ekskresi Kelinci (Lepus nigricollis)
Sistem ekskresi pada kelinci (Lepus nigricollis)berupa ginjal yang berbentuk seperti biji kacang. Ruang median ginjal disebut pelvis renalis dan berhubungan dengan kandung kemih melalui ureter. Urin dikeluarkan oleh duaginjal yang di salurkan di ureter dan ditampung di kantung urinaria (urinaria bladder), dinding otot bekerja secara voluntery sehingga memaksa urin keluar dariuretra (Boolotion)
1.6.Sistem Reproduksi Kelinci (Lepus nigricollis)
Sistem reproduksi tersusun atas sistem genital interna dan eksterna. Padahewan betina organ interna berupa sepasang ovarium dan uterus. Ovarium terletak sebelah kaudal dari ren dan didalamnya terdapat folikel-folikel Graaf berbentuk gelembung. Uterus berjumlah sepasang dan berkelok-kelok dan terbagi atasinfundirambutm, tuba, dan uterus. Organ ksterna tersusun atas vagina, vulva,labium majus, labium ninus, dan clitoris.
Kelinci terkenal karena kemampuan reproduksinya, yang betina berevolusisegera setelah senggama sehingga pembuahan terjamin. Selain itu kelinci betinamempunyai sistem reproduksi yang istimewa, yaitu mampu mengandung 2rumpun anak sekaligus karena memiliki rahim ganda. Pembuahan pada rahimyang 1 tidak menghalangi ovulasi pada rahim yang satunya lagi. Gejala ini disebutSuperfetasi, dan meskipun langka dianggap cukup sering terjdi.
Sedangkan pada jantan memiliki organ reproduksi interna dan eksterna. Padaorgan interna terdiri dari testis dan epididimis. Testis terdapat sepasang yangterletak dalam scrotum. Testis merupakan pengahasil sperma terus dikeluarkanmelalui epididimis yang merupakan tempat pematangan kemudian kevasdeferens. Sedangkan pada organ eksterna berupa penis. Penis ini merupakanmerupakan alat kopulasi dan tersusun dari corpus cavernosusm penis dan corpusgavernosum urethrae. Disamping itu juga terdapat kelenjar-kelenjar yangmembantu sistem reproduksi.  Pemaparan tersebut sebagaimanayang telah dilakukannya pengamatan dengan menghasilkan hasil seperti itu pula.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive