Sunday, 30 July 2017

Enam Hal yang Merusak Ukhuwah





Supaya bisa lahir ukhuwah, harus ada pondasinya? Al mahabbatu fillah (saling mencintai karena Allah.) Ini akan melahirkan ukhuwah. Bukan saling mencintai karena dunia, bulan saling mencintai karena ada kepentingan dunia kepada saudari kita, tapi karena Allah subhanahu wata’ala. Kecintaan ini akan melahirkan kesempurnaan iman dan dengan kesempurnaan iman kita akan masuk ke dalam surga.

namun terdapat hal-hal yang justru dapat merusak ukhuwah, enam diantaranya adalah
·         Egois, mau menang sendiri, dia saja yang mau dimengerti tidak mau mengerti orang. Kalau musyawarah pendapatnya saja yang mau di terima kalau bukan perdapatnya ia tidak terima, sifat egois ini merusak ukhuwah.
·         Sombong
·         Hasad, jelas merusak ukhuwah, ada hasad pasti cintanya hilang, kalau asanya hilang ukhuwahnya runtuh, ukhuwah runtuh tida bisa berjuang, islam tidak akan bisa menang.
·         Suka bertengkar, berdebat untuk menjatuhakan, kalau berdebat ilmiah tidak mengapa, tapi kalau debat kusir debat menang-menangan, ingin menujukkan siapa yang lebih pintar, dan ketika ingin menunjukan saya lebih pintar maka yang lain lebih bodoh, ini meresahkan orang lain
·         Fitnah, memfitnah saudara kita yang tidak ia lakukan
·         Cinta popularitas, ingni menonjol sendiri, paling mau dikenal, harum namanya, ini merusak ukhuwah.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive