Thursday, 27 July 2017

DESKRIPSI NANGKA




HABITUS
  Nangka adalah sejenis pohon, sekaligus buahnya, pohon nangkatermasuk kedalam suku Moreceae, Nangka tumbuh dengan baik di iklim tropis sampai dengan lintang 25 derajat utara maupun selatan. Tanaman ini menyukai wilayah dengan curah hujan lebih dari1500 mm pertahun dimana musim keringnya tidak terlalu keras. Nangka kurang toleran terhadap udara dingin, kekeringan dan penggenangan.
AKAR
 Akar tunggang, Akar buah pohon nangka termassuk ke dalam akar tunggang karena akar lembaganya tumbuh terus menjadi akar pokok yang bercabang-cabangmenjadi akar yang lebih kecil lagi.
DAUN
 Daun tunggal, tersebar, bertngkai 1-4 cm, helai daun agak seperti kulit, kaku, bertepi rata, bulat telur terbalik sampai jorong memanjang, 3,5-12 x 5-25 cm,dengan pangkal menyempit sedikit, daun penumpu bulat telurlancip, panjang sampai 8 cm, mudah rontok dan meninggalkan berkasserupa cincin, pertulangan daun menyirip, bagian atas daun mengkilap lilin,dan bagian bawah kasap, warna daun bagian atas hijau tua mengkilap danwarna daun bagian bawah hijau pucat.
BATANG
 Batang Pohon nangka umumnya sedang, sampai sekitar 20 meter tingginya,walaupun ada yang mencapai 30 meter. Batang bulat silindris, sampaiberdiameter 1 meter, tajuknya padat dan lebat, melebar dan membulat apabila ditempat terbuka, seluruh bagian  tubuhnya mengeluarkan getah putih pekat apabila dilukai, arah tumbuh batang tegak lurus keatas,permukaan batang memperlihatkan berkas-berkas daun penumpu dan warnapermukaan batang putih keputihan.
BUNGA
 Bunga tumbuhan nangka berrumah satu ( monoecious ). Perbungaan muncul pada ketiak daun pada pucuk yang pendek dan khusus, yang tumbuhpada sisi batang atau cabang batang tua, bunga jantan dalam bongkolberbentuk gadang atau gelondong 1-3 x 5-8 cm, dengan cincin berdagingyang jelas di pangkal bongkol, hijau tua, dengan serbuk sari kekuningan,danberbau harum samar apabila masak, bunga nangka disebut babal, setelah melewati umur masaknya, babal akan membusuk ( ditumbuhi kapang ) danmenghitam semasa masih di pohon, sebelum akhirnya terjatuh, bunga betinadalam bongkol tunggal atau berpasangan, silindris atau lonjong, hijau tua.
BIJI
 Biji berbentuk bulat lonjong sampai jorong agak gepeng, panjang 2- 4 cm, berturut-turut tertutup oleh kulit biji yang tipis coklat yang sepertikulit, endokarpyang liat keras keputihan, dan eksokarp yang lunak.kepingbijinya tidak setangkup dan keping biji berkeping dua ( Dicothyledone ).
BUAH
 Buah nangka berbentuk lonjong dan bulat, berukuran besar, dan berdurilunak,buah terbentuk dari rangkaian bunga majemuk yang dari luartampak seolah-olah seperti satu sehingga disebut buah semu. Buah nangka sebenarnya adalah tangkai bunga yang tumbuh menebal,berdaging, dan bersatu dengan daun-daun bunga membentuk kulit buah.
KLASIFIKASI
Kingdom               : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom         : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi           : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi                      : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas                      : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas              : Dilleniidae
Ordo                       : Urticales
Famili                     :
Moraceae (suku nangka-nangkaan)
Genus                     :
Artocarpus
Spesies                   : Artocarpus heterophyllus Lam
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive