Monday, 31 July 2017

DESKRIPSI KUMIS KUCING




HABITUS
 Kumis kucing termasuk tanaman semak dengan tinngi mencapai 25cm sampai 2 meter. Biasa ditanam di halaman rumah sebagai tanaman obat ataupun hiasan.
BATANG
Bentuk batang segiempat dengan sedikit cabang, batang membesar, warna batang kecoklatan dengan diameter mencapai satu centimeter. batangnya basah, tingginya bisa mencapai 1,5 meter itu. Bisa tumbuh di tempat yang kering maupun basah pada ketinggian 700 meter di atas permukaan laut,
DAUN
Duduk  Daun berhadapan menyilang, membundar telur atau belah ketupat, 2-9(-12) cm x 1.5-5 cm, pangkal daun membaji, duduk, gundul atau berbulu sangat halus, kelenjar-berburikan; panjang tangkai 0,5-2(-4,5) cm; tak ada penumpu. Daunnya mengandung kadar kalium (boorsma) yang cukup tinggi. Ia juga mengandung glikosida orthosiphonin. urat daun sepanjang pinggir berbulu tipis atau gundul, dimana kedua permukaan berbintik-bintik karena adanya kelenjar yang jumlahnya sangat banyak.
BUNGA
 Pembungaan majemuk yang tersusun berhadapan di pusat tandan, panjang 7-29 cm. Bunga bergantilan; panjang kelopak 2,5-4,5 mm (buah lebih dari 12 mm); panjang mahkota 10-20 mm, menabung, putih atau (pucat) lilac; benang sari 4 lebih panjang dari tabung bunga; bakal buah di atas. buah retak menjadi 4 pinak geluk yang lonjong-bulat telur, panjang 1,5-2 mm, kecoklat-coklatan, menggelembur.
Klasifikasi
Divisi             : Spermatophyta
Sub divisi       : Angiospermae
Kelas              : Dicotyledonae
Keluarga        : Lamiaceae
Genus                       : Orthosiphon
Spesies            : Orthosiphon stamineus
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive