Friday, 21 July 2017

DESKRIPSI DAN KLASIFIKASI SIRSAK




Habitus
   Tumbuhan ini berbentuk pohon, berwarna coklat tua, batang berkayu (lignosus), silindris, permukaan kasar, percabangan simpodial. Arah tumbuh batang tegak lurus, arah tumbuh cabang ada yang condong ke atas dan ada yang mendatar.
Akar
 Sirsak memiliki jenis akar tunggang (radix adventicia) dengan warna cokelat keputih-putihan.
Daun
 Memiliki daun berbentuk jorong (ovalis atau ellipticus). Permukaan daun licin (laevis) dan mengkilat (nitidus), tepi daun rata (integer), daging daun tebal dan kaku seperti kulit/belulang (coriaceus). Pangkal daun runcing daun ujung daun tumpul (obtusus).
Batang
 Batang pada tanaman sirsak tumbuh tegak keatas dan berkayu. Batang ditutupi oleh kulit yang keras berwarna coklat. Percabangan ada yang mendatar dan ada juga yang mengarah keatas. Sirsak termasuk jenis perdu.
Bunga
Bunga pada sirsak memiliki 6 kelopak, tiga kelopak luar dan tiga kelopak dalam dan berlekatan, bunga berwarna hijau ke kuning-kuningan dengan tekstur yang keras. Daun bunga berbentuk hati denga tebal sekitar 1-2 mm bunga tunggal dalam berkas 1-2 berhadapan / disamping daun mahkota daun mahkota segitiga
Buah 
 Buah sirsak yang normal dan sudah cukup tua / matang mempunyai berat ± 500 gr, warna kulit agak terang, hijau agak kekuningan dan mengkilap. Bentuk buah bagian ujung agak membulat dengan diameter ± 5 cm, diameter bagian tengah ± 7 cm, serta panjang buah ± 17 cm. Kerapatan duri maksimal 2- 3 buah per 4 cm (diukur pada bagian buah yang durinya paling jarang), kekerasan daging buah empuk merata, rasa manis atau manis asam segar dan beraroma khas.
KLASIFIKASI
Kingdom        : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom   : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi   : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi             : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas              : Magnoliopsida (berkeping dua/dikotil)
Sub Kelas       : Magnoliidae
Ordo               : Magnoliales
Famili             : Annonaceae 
Genus             : Annona
Spesies                       Annona muricata L.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive