Wednesday, 12 July 2017

Apa itu Problematika Ummat?


Dalam problematika, terkandung makna kepedulian, perhatian setiap muslim terhadap masalah-masalah yang dihadapi oleh ummat Islam dan kaum muslimin. Seseorang yang tidak memiliki perhatian, kepedulian terhadap problematika ummat Islam maka di dalam satu riwayat disebutkan bahwa dia tidak termasuk ummat Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Siapa yang tidur di waktu malam dan tidak pernah risau dengan masalah-masalah yang dihadapi oleh kaum muslimin maka hakikatnya dia itu bukan ummat Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. 
 Apalagi kalau mereka itu sudah bergabung dalam aktivis dakwah. Setiap aktivis dakwah harus memiliki perhatian dan kepedulian terhadap problematika ummat.
Kalau kita mendefinisikan problema, maka dalam kamus bahasa Indonesia, problema adalah masalah-masalah yang belum terpecahkan atau masalah-masalah yang belum ada solusinya.  
Sedangkan definisi yang dimaksud dalam pembahasan ini adalah perbedaan antara idealita dan realita ummat Islam. Jadi problema terjadi karena adanya perbedaan antara idealita dan realita atau terjadinya kesenjangan antara konsep ideal (bagaimana seharusnya ummat Islam) dan konsep realita. Misalnya, idealnya Anda ingin sukses empat tahun, namun Anda selesai tujuh tahun, maka ini adalah problema. Idealnya Anda harus tiba di Jeneponto dari Makassar dalam waktu 2,5 jam, tetapi ternyata Anda menempuh perjalanan selama 5 jam, maka ini adalah problema. Karena itu, definisi ini akan kita jadikan sebagai barometer untuk meneropong problematika ummat Islam, maka secara sederhana untuk mengetahui problematika umat Islam terlebih dahulu harus mengetahui konsep ideal ummat Islam, bagaimana seharusnya posisi ummat Islam. mengapa kita perlu mengetahui dan memahami apa sebenarnya problematika ummat islam saat ini? yaitu agar:
1.      Menumbuhkan kesadaran bahwa memperhatikan masalah-masalah kaum muslimin adalah bahagian dari sifat seorang muslim
2.      Agar kita dapat mengetahui kondisi dan realita ummat Islam.
3.      Agar kita dapat mengetahui sebab terjadinya problema ummat dan solusi/jalan keluar untuk keluar dari masalah tersebut.
4.      Menumbuhkan kesadaran untuk terlibat aktif dalam mengatasi masalah-masalah yang dialami ummat.
pada pembahasan selanjutnya, akan dibahas secara lengkap tentang probematika ummat. untuk mendapatkan update materinya gratis melalui e-mail bisa dengan cara memasukkan email anda di kolom dibawah atau dengan menekan tombol Like pada fanspage kami untuk memperoleh materinya melalui facebook.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive