Monday, 31 July 2017

Anatomi Kelinci




Pada pengamatan anatomi telah ditemukan bagian-bagian antara lain:
a.       Jantung
jantung yang terletak diatas hati dengan warna cokelat kemerah-merahan, pada saat pengamatan, jantung ini masih dalam keadaan berdenyut. Panjang sekitar 2 cm dengan bentuk menyerupai buah strowberri.
Rongga jantung pada kelinci terpisah secara sempurna oleh sekat membujur, menjadi rongga jantung kiri dan kanan. Rongga jantung kiri mengandung darah yang kaya dengan oksigen yaitu oksigen dari darah arteri. Rongga jantung yang berisi darah yang mengadung karbondioksida adalah vena. Masing-masing rongga tadi tersekat lagi menjadi serambi jantung dan bilik jantung yang saling berhubungan dengan katub atau kleb. Sistem peredaran darah pada kelinci merupakan sistem peredaran darah tertutup (Anonim, 2011).
b.      Paru-paru
Paru-paru terletak menggantung di belakang jantung dan hati dan agak menempel pada tulang punggung. Memiliki warna merah jambu dan dan terdiri dari dua lobus.
Percabangan pada paru-paru masih mengalami percabangan-percabangan lagi, sehingga percabangan yang terkecil tidak lagi diperkuat oleh cincin tulang rawan dan berakhir pada ujung yang buntu disebut alveolus yang berfungsi memperluas permukaan paru-paru, sehingga memperbesar kemungkinan mengadakan pertukaran udara pernafasan oleh kapiler-kapiler pada dinding alveolus (Anonim, 2011).
c.       Hati
Hati terletak dibawah jantung yang terdiri dari dua lobus. Memiliki warna merah kecoklatan. Hati ini berfungsi untuk meng-autolysis eritrosit yang sudah mati dan disimpan dalam kantung empedu. Empedu ini kemudian digunakan untuk mengemulsi lemak di dalam usus duabelas jari untuk kemudian dicerna.
d.      Lambung
Lambung merupakan organ yang paling besar yang ada di dalam tubuh kelinci. Memiliki warna abu-abu tua, dan disinilah makanan akan dicerna secara kimiawi.
e.       Sekum
Sekum memiliki warna abu-abu dengan sisi-sisi yang tidak rata dengan panjang sekitar 41 cm.
f.       Vesika urinaria
Vesika urinaria atau akntung urine berada pada bagian paling bawah seluruh organ dalam tubuh kelinci. Memiliki warna kekuningan karena kandungan urinenya. Bebentuk seperti bola dengan dinding tipis dan elastic.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive